Kejutan Kecil, Tipping Point di Agustus

Tipping point

Tipping point

Berapa besar energi untuk berubah? Kalau ditanyakan kepada ahli fisika, pasti jawabannya bikin mumet. Mengutip hukum Newton, “gaya aksi yang diberikan akan menghasilkan gaya reaksi yang besarnya sama.” Begitulah kata temanku lulusan Fisika UGM, yang lulusnya memakai tikus busuk agar dosen penguji tak betah lama-lama bertanya (seurius nih).

Nah, berapa besar energi untuk berubah, tentu saja tergantung berapa besar perubahan yang ingin dihasilkan. Kompas.com butuh bermilyar-milyar rupiah untuk berubah wajah dan melahirkan Kompas.com Reborn. Konon, ada yang bilang, “Mereka sudah habis Rp 10 miliar.” Lalu ada yang nyeletuk,” mereka memindahkan dana investasi yang kabatnya cukup untuk membikin sebuah hotel Santika baru. Mana yang benar? Jangan percaya isu.

Telkom pun ingin berubah. Mereka ingin masuk ke bisnis content. Mereka sudah mendekati Detik.com tapi belum ada kata sepakat. Kata orang lewat, “Detik.com ditawar Rp 100 miliar tapi nggak mau.” Baca konfirmasi dan kabarnya di sini

Wuihh… ternyata sebuah perubahan butuh energi yang besar juga. Apakah rumus ini berlaku umum? Misalnya, Tempointeraktif.com butuh dana segede gajah pula agar bisa menyaingi dua portal besar itu? Tak adakah perkecualian?

Apakah bila orang ingin berubah menjadi jauh… jauh lebih baik juga butuh energi yang rrruaar biasa besarnya? Seorang sahabat menuturkan, dia delapan tahun lampau menghabiskan duit sekitar Rp 8 juta untuk mengubah dirinya.

Dari pemurung menjadi sedikit lebih penggembira. Dari pendendam menjadi orang yang nrimo. Dari yang malas, menjadi rajin, bahkan bisa diajak lembur menulis berlembar-lembar tulisan dengan bayaran semangkok indomie. Dan satu lagi, menjadi mudah tersenyum pada setiap orang, bahkan pada orang yang menyakiti sekali pun.

“Sepulang training, pipiku rasanya capeeek sekali, karena aku harus belajar memaksa tulang rahangku untuk menghasilkan senyum,” kata kawanku yang melahap tiga training Asiaworks itu.

Pertanyaannya sesulit itukah untuk membuat perubahan. Tak adakah perkecualian? Tidak berlakukah hukum yang dicetuskan Malcolm Galdwell dalam bukunnya “The Tipping Point, How Little Things Can Make a Big Difference“?

Mungkin Anda-andalah yang berhak menjawabnya. Saya cuma bisa melihat sedikit fenomena: ada orang yang karena diberi senyum, bermetamorforsis menjadi jauh lebih baik. Tapi, ada pula yang sudah dinasehati kiri kanan atau dimarahi, atau ikut training tapi juga tak berubah.

Dalam skala korporasi gaya aksi-reaksi atau tipping point itu juga bisa dilihat. Ada yang sudah disuntik investasi gede-gedean, perubahan yang dihasilkannya nyaris tak ada bedanya. Tapi, ada juga perubahan kecil yang dilakukan sosis So Good telah menghasilkan penjualan yang memikat, yang tak pernah dilirik produsen sosis lain. Dengan cuma membungkus dalam ukuran kecil dan langsung bisa dimakan tanpa perlu disimpan di lemari es, sosis So God telah membuat perubahan besar. Orang marketing menyebutnya dia telah melahirkan fenomena blue ocean atau pasar baru seperti yang ditulis W. Chan Kim dan Renée Mauborgne

Ah, mudah-mudahan Agustus ini ada kejutan kecil yang bisa menghasilkan perubahan besar. Apa itu? Tebak-tebak sendiri deh (clue-clue-nya ada di tulisan di atas). Aku juga merindukan melakukan itu…. “kamu pasti bisa…”

3 responses to “Kejutan Kecil, Tipping Point di Agustus

  1. wah, mas Burhan curang nih.. aku belum baca yang “Tipping Point”, mas..

    Bikinan Malcolm Gladwell yang udah kubaca baru “Blink”.

    Ah, mudah-mudahan Agustus ini ada kejutan kecil yang bisa menghasilkan perubahan besar. Apa itu? Tebak-tebak sendiri deh (clue-clue-nya ada di tulisan di atas). Aku juga merindukan melakukan itu…. “kamu pasti bisa…”

    Biar kutebak, Malcolm Gladwell mau beli sosis So God seharga 100 Milyar..? hihihi…

  2. kok saya juga jadi rindu perubahan ya pa… (hehehe) saya bisa nebak tanpa dikasih clue lho pa, selamat…perubahannya jadi bagus banget, critanya mau nyaingin kompas.com nih? hehehehhe…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s