Kejutan dari Si Mini, Huawei E220 (updated)

huawei_modem_e220Kesibukan tak pernah memasung lelaki belia itu. Ari Jaya bukanlah tipe pekerja nine-to-five, yang terpaku di kantor dari pukul 9 pagi hingga 5 sore. Bukan, dia bukan tipe pegawai kantoran seperti itu.

Programmer senior di perusahaan pembuat aplikasi perkantoran itu adalah pekerja mobile. Separuh waktunya bisa dihabiskan di jalan, kafe, atau bandar udara. Ia harus bolak-balik terbang ke berbagai kota untuk menyambangi kliennya. Kerap kali dia juga harus bekerja di kafe langganannya di Cilandak Town Square, Jakarta Selatan. Sambil menghirup kopi hangat, dia membaca surat atau mengecek aplikasi kliennya dari jarak jauh.

“Senjatanya” apalagi kalau bukan laptop dan modem 3,5G (generasi ke-3,5) merek Huawei E220. Duet gadget itulah yang membuat Ari selalu terhubung ke kantor dan kliennya.

Modem 3,5G Huawei E220 inilah modem impiannya selama ini. Ukurannya hanya sebesar tetikus mini. “Jadi kabelnya tak ribet, saya menempelkan modem itu di punggung laptop,” ujar lelaki yang pernah memakai aneka telepon seluler–Sony Ericsson K800, Nokia 6233, dan Nokia E61–untuk modem 3G (generasi ketiga) itu. Ini kelebihan modem itu ketimbang menggunakan ponsel 3G sebagai modem.

Jangan tanya soal kecepatannya, Huawei E220 ini sudah mengusung teknologi 3,5G atau High Speed Downlink Packet Access (HSDPA), teknologi tercepat untuk akses Internet di Indonesia saat ini. Dengan teknologi itu, modem mini ini bisa memiliki kecepatan maxi. Teorinya bisa hingga 3,6 megabit per detik. Tempo juga sudah menjajalnya dan bisa memperoleh kecepatan 1,5 megabit per detik dengan menggunakan teknologi HSDPA milik Telkomsel.

Teknologi 3,5G memang menawarkan kecepatan yang mempesona ketimbang 3G. Cobalah Anda duduk di kafe sambil mengunduh software atau film. Dengan jaringan 3G satu jam, pecandu Internet, seperti Ari, bisa mengunduh berkas sebesar 100 megabyte. Adapun dengan 3,5G satu jam, Anda bisa mendapatkan berkas sebesar 1,2 gigabyte. Modem mini yang mengejutkan.

Saking gandrungnya dengan modem ini, Ari pernah memakai modem itu 13 jam nonstop tanpa putus. Ketangguhan modem ini pula yang membuat orang seperti Ari berpaling dari modem-modem yang memakai teknologi Code Division Multiple Access, yang ditawarkan Fren, Flexi, atau Esia.

Huawei memang bukan nama besar di dunia modem. Namanya kalah oleh Sierra Wireless, Vodafone, atau Globetrotter. Tapi ketangguhan Huawei tak bisa dipandang enteng.

Soal instalasi, misalnya, modem seharga Rp 2,2 juta ini terbilang gampang diinstal. Software bawaannya memang hanya cocok untuk Windows XP. Namun, di dunia maya, kita bisa mendapatkan software untuk pengguna Macintosh ataupun Linux Ubuntu.

Keunggulan lain modem ini adalah koneksi dengan USB dan model kartu PCMCIA seperti modem yang lain. Dengan koneksi USB, modem bisa dicolokkan ke laptop atau komputer, berbeda dengan kartu PCMCIA yang hanya bisa dipakai di laptop.

Dengan sederet keunggulan itu, tak mengherankan bila modem Huawei ini bintangnya bakal bersinar terang di Indonesia. Terbukti sejumlah operator, seperti Telkomsel, XL, dan Indosat, menggandeng modem buatan Cina ini.

Akhirnya, hanya tebalnya dompet Anda dan cakupan jaringan 3,5G operator yang menjadi batas dari kenikmatan berselancar dengan modem ini.

+ (plus)
Kecil, kecepatan tinggi dengan 3,5G, colokan USB yang bisa dipakai di laptop atau komputer, mendukung sistem operasi Windows & Mac. Dipakai oleh Telkomsel, XL, dan Indosat.

– (minus)
Panas bila dipakai lama, software bawaan hanya untuk Windows, harga lebih mahal ketimbang modem PCMCIA.

Frekuensi: HSDPA/UMTS 2.100 MHz dan GSM/GPRS/EDGE 900/1.800/1.900 MHz
Antena: Internal
SIM/USIM card: standar 6 PIN SIM card
Dimensi: 89 mm (p) x 43 mm (l) x 14,5 mm (t)
Berat: < 50 g

Burhan Sholihin, Koran Tempo, Sabtu (14/7/2007).

29 responses to “Kejutan dari Si Mini, Huawei E220 (updated)

  1. sekeren apapun modemnya, tapi klo gak didukung jaringan GSM atau CDMA yang baik, modem itu jadi memble..
    makanya gw coba beli modem ini (paket bundling Starone), dan harganya cuma 600rb ..speed ok…
    lancar-lancar aja…
    kemarin gw bawa ke pinggiran depok…masih ok

  2. benar mas. selain bagusnya modem tentu kualitas jaringan. saya dulu pecinta modem zte cdma yang dibundel dengan fren dan cbn.

    tapi itu sudah lama saya tinggalkan karena modem cdma kecepatan maksimalnya cuma 153 kbps. Jadi akhirnya pindah ke modem hsdpa.

    dari tiga operator yang saya tes dengan modem 3,5G Indosat di jakarta dan sekitarnya yang paling bagus. Sering dapat kecepatan di atas 300 kbps malah kerap kali dapat yang hasdpa sampai 1600 kbps.

    tapi semua berpulang pada… kualitas jaringan di mana kita akses.

  3. Permisi ya moderator, mo minta tolong minta spacenya buat numpang jual aja nih.

    Saya ada modem indosat 3g e220 nih .. udah ga pake koneksi internet karena jarang keluar kantor.

    kondisi masih bagus … see to believe … 98% 2% karena sudah di pakai.

    jual murah aja .. rp. 1,600,000.-

    bagi yang minat kontek ya ke 08999200086, ato kalo ada yg tau ada yg nyari, di fwd in ya ..

    thank you banget.

    Handra

  4. gimana bisa simpulkan hwawei ering hang? bisa sekilas cerita bro? trus kok mending 875u, apa alasannya?

  5. mas burhan, q mo minta ptuahnya nih, ato bagi semua pembaca comment ini…..

    baru2 ini q bli modem ini (huawei E220) dengan harga 1juta pas. tapi bagian atasnya nggak gambar lambang huawei, tapi gambar lambang vodavone.

    kira2 modem yg q bli itu palsu ato black market gitu nggak y?

    kartu garansi didalamnya jg g ada, truz didalamnya cuma ada modem, selembar petunjuk pemasangan, dan kabel usb konektor sepanjang kira2 15 cm.

    GIMANA NIH MODEM GUE?????

  6. bro.. mau jawab pertanyaan mas andrio prijaya.

    kemarin saya tertarik dengan modem 3g , karna banyak ISP yang menawarkan paket murah unlimitted (IM Club) . jadilah saya berkeliling2 memburu modem yg ajiib.

    pertama kali saya coba hunting ke Plaza kenari mas ( Salemba ) . toko2 di sana pertama kali menawarkan MODEM HUAWEI E220 dalam 2 jenis bunldling. yang pertama oleh vendor 3 dan VODAFONE ( rata2 harga 1 – 1,4 juta )

    namun saya bingung, kenapa modem nya buatan huawei semua tapi ko vendor merk nya berbeda2. jawabanya waktu itu belum saya dapati.

    kemudian saya ke Mangga dua keesokan harinya, disana saya lebih bingung lagi , karena jenis HUAWEI E220 ada bermacam 2. berbeda tiap toko .

    untuk vendor VODAFONE saja saya temui 4 jenis cover da judul yang berbeda padahl isinya huawei .

    utntuk 3 saya juga dapatkan meskipun tidak banyak

    saya sempat Ilfil dan urung beli.
    namun saat saya masuk sebuah toko, ( TOKO USB.com ) yang khusus menjual USB, saya di jelaskan bahwa yang asli asalah HUAWEI E220 dengan logo HUAWEI di modemnya dan garansi dari distributor SARINDO. garansinya 1 tahun , dg 3 bulan ganti baru.

    saya juga diberitahu bahwa yg vodavone maupun three itu adalah BLACK MARKET. dan di oprek sendiri oleh tokonya.

    harga nya 1.250.000 untuk yg asli.

    itu pengalaman saya

  7. Sy di Bali juga br saja bli modem dengan logo depannya 3 (Three, logonya persis provider mobile three), dan setelah saya buka ternyata merknya Huawei E220 HSDPA seharga 1.150.000 harga pas di toko. Memang benar tidak adanya kartu garansi, melainkan hanya 1 buah modem, 2 cable usb (2 tipe) dan buku pemasangan. melihat beberapa post diatas, dikatakan bahwa modem E220 tsb seharga 2,2jt. apakah modem yg saya beli 1,15jt ini barang palsu/rejek yg di down grade tp masih pakai merk huawei? saya baru saja beli modem tersebut untk saya padukan dengan 3,5G indosatm2. dan jujur sy cukup merepotkan dalam menginstalasi E220 (dengan logo 3 di depan warna hijau), dan kadang2 hang hingga membuat koneksi terputus dan tidak bisa di connect lg, shingga di restart baru bisa di connect internet lg… jadi bagaimana ya?? setelah saya pakai hari ini (hari pertama) sungguh kurang memuaskan (maklum sinyal low), dari awalnya sy kepengen membeli starone dengan modem ZTE warna item CDMA harga 600 – 700rb yg sebelumnya telah dimiliki beberapa teman dan kebetulan pacar saya, jadi saya bandingkan sejenak. ternyata lebih mudah dan lancar menggunakan starone + ZTE item new (harga 600-700rb) dibandingkan indosatm2 3,5g(low sinyal) + Huawei logo 3 E220 HSDPA harga 1,15jt(asli ato ngga ya??). BERI TANGAPAN DOONKKS mas – om – tante – pak lik….

  8. om…
    mw tanya’ neh..
    aq kan br ja bli MODEM HWAWEI E220,,

    screenshootNya seperti ini..

    kuk ada yg ksosong ya..??

    kata’nya yg jual
    “ini sudah asli dari sonoNya om.!!!”

    tp kuk ngganjil y..??
    ada yg tau ga??Qra2 ini emg “KOSONG” apa aq yg “DIBOONGIN” y..??? T_T

    by : ||-=Mr.CAT=-||

  9. for ardihikaru: itu kotak kosong karena kabel penghubung modem dan komputer hilang satu. Mestinya ada dua kabel penghubung yg pendeng dan panjang. Rupanya yg panjang hilang. Tapi nggak apa. Dua kabel itu fungsinya sama, satunya menjadi cadangan

    sorry baru bisa jawab, habis puasa 40 hari nggak pegang komputer🙂 karena sedang haji di negeri orang

  10. walah huaiwei moso sih iso sering hang aku lagie mo cari usb modem yang bagus and enggak sering hang tapi harganya murah.. itu kira kira apa ya.. mereknya??? kalo venus tuh yang bikinan cina gimana ya kira kira bagus engga?? bagi yang pake modem itu tolong dong di posting reviewnya??

    • buat pemakai IM2 yang baru-baru Indosat kini memakai ZTE untuk modemnya. Nggak suka hang sih. Cuma koneksi IM2 seperti operator 3G lainnya sekarang tak bisa diandalkan. Agak lelet. Yang agak kenceng karena belum banyak penggunannya adalah JUMP milik SMART. Sejauh ini lebih oke, entah bila sudah banyak pelanggannya seperti Indosat, XL, atau Telkomsel.

  11. sory saya baru beli modem huawei ada tulisannya vodavone tapi saya gak bisa setting untuk internetnya bisa tolong bagi caranya dunk…
    thanks yah

    • settingnya kan tergantung operator masing-masing. sekadar gambaran berikut ini beberapa catatan tentang username dan password dari berbagai operator siapa tahu berguna (dikutip dari sini http://tinyurl.com/dkzz9j ):

      TELKOMSEL
      Username : wap
      Password : wap123
      PC Dial Number : *99***1#

      MATRIX
      Username : [kosongkan]
      Password : [kosongkan]
      PC Dial Number : *99***1#

      MENTARI
      Username : indosat
      Password : indosat
      PC Dial Number : *99***1#

      IM3
      Username : gprs
      Password : im3
      PC Dial Number : *99***1#

      IM3 (DURASI) Rp 100,-/menit
      Username : indosat@durasi
      Password : indosat@durasi
      PC Dial Number : *99***1#

      XL
      Username : xlgprs
      Password : proxl
      PC Dial Number : *99***1#

      Fren (Mobile-8
      Username : m8
      Password : m8
      PC Dial Number : #777

      TELKOMFLEXY
      Username : telkomnet@flexi
      Password : telkom
      PC Dial Number : #777

      STARONE
      Username : starone
      Password : indosat
      PC Dial Number : #777

      THREE
      Username : 3gprs
      Password : 3gprs
      PC Dial Number : *99***1#

      AXIS
      Username : AXIS
      Password : 123456
      PC Dial Number : *99***1#

      SMART
      Username: smart
      Password: smart
      PC Dial Number: #777

  12. numpang bang, saya baru beli nih huawei E220 yang ada tulisan vodafonenya..itu palsu ya????Biasanya modem gini tahan berapa lama?E220 panas banget ya klo dipakai lama…biar ga panas gimana ya?kasih tau dong gimana cara ngerawatnya biar awet??Makasih banyak abang2

  13. mas sya mau tanya, sya bli huawei e220 trus nyoba pk kartu smart dengan mengunakan setting samrt yg mas rekomendasikan tp ko g conek ya?
    pdhal sinyal smart bagus di daerah sya!
    kira2 langkah apa lg ya mesti saya lakukan ya?
    terimaksaih banyak

    • huawei e 220 itu kan untuk jaringan gsm. adapun smart itu untuk jaringan cdma. Jadi ya nggak bisa. huawei bisa dipakai untuk telkomsel, indosat, xl,.axis, three

  14. tp saya cob pKE MentRI tetep aja g bisa padahal untuk usr dan paswor udanh mengikuti langkah2 d atas.
    kira2 kurang apa ya?
    tolong dijelasin cara setingnya dengan rinci ya?
    terimakasih

  15. Tkz yg udah ngejwb komen gw diatas y..

    Saran sy, mendingan pake yg CDMA aj d… g usah yg GSM…!

    Biaya agak lebih murah..!

    Nih.. dirumah , ada modem Huawei E220 gw g kepake’. Ayo… sapa mau beli… emang udah g garansi lg sih… tapi masih bagus & lancar2 aj loh… 900? nego..!

    Xoalnya gw sekarang pke CDMA.

    Kalo berminat email ke andrio_prijaya@yahoo.com ya….

  16. saya juga penngguna modem huawei e220 feat dengan im2 broombastis yg 200rb perbulan .menurut saya mah lancar lancar aja bos gk ada kendala apalagi saya sering banget dapet sinyal hsdpanya fuull strenght hahahahahaha

  17. mau nebeng jualan gan… Aku punya modem Huawei E220 juga nih… ga dipake coz aku sekarang lagi pake CDMA ajah… ada yang berminat? 850rb jadi, di luar ongkos kirim,,,

  18. pake’ 3, skrg unlimited cm 25rb/bulann

    kecepatan 1,8mbps untuk 500MB,.. kalo udah melebihi quota, kecepatan turun jadi 64kbps

    gak jadi deh dijual modem E220 q ini.

    skrg q pake’ 3, yang semebumnya pake Sm*rt

Leave a Reply

