Kekuatan ‘Lemon’

lemonApalah arti sebuah blog. Situs yang kerap kali berisi tulisan-tulisan “narsis” itu sering dianggap media murahan. Tapi di tangan Jeff Jarvis situs pribadi itu menjadi sebuah bacaan yang sedap sekaligus punya pengaruh yang kuat. Bahkan tulisannya sempat menggegerkan dunia bisnis komputer di Amerika Serikat.
Dulu kalangan pemerhati Internet tak banyak yang mengenal nama Jarvis, kendati ia profesor di University of Michigan. Tampangnya kalem dan khas profesor–yakni dengan kacamata lebar dan rambut yang memutih karena dimakan usia. Namanya menggegerkan dunia Internet setelah musim panas 2005.
Ia menulis di situs blog-nya, BuzzMachine.com, sebuah kisah penantian yang amat panjang untuk membetulkan komputer Dell-nya seharga US$ 1.600. Dikatakannya, ia harus melalui sebuah “siksaan” karena harus menulis e-mail keluhannya yang tak terhitung banyaknya–sebagian tak pernah dijawab–serta bertelepon ke pusat layanan konsumen Dell.
“A Lemon” begitu Jarvis menulis di blog-nya. Seperti judulnya yang berarti berengsek atau jeruk limun, Jarvis menuliskan kekecewaannya karena berengseknya paket layanan perbaikan komputer Dell yang dibelinya. Ia pun lalu menuliskan rasa kesalnya lewat serangkaian artikel di situs blog-nya. Salah satunya adalah surat terbuka yang ia tulis pada 17 Agustus 2005 untuk CEO Michael Dell. “Intinya, kupon murah telah memikat saya membeli sebuah komputer Dell, tapi produk Anda adalah ‘a lemon‘ dan layanan konsumen Anda menjengkelkan.”
Akhirnya, Dell mengobati Jarvis dengan mengembalikan uangnya pada 22 Agustus 2005. Sehari kemudian, Jarvis menulis bahwa kebijakan baru Dell yang melacak para blogger yang tak puas adalah sebuah awal.
Meski Dell telah memberikan solusi, kekecewaan telanjur meluas. Situs BuzzMachine, menurut riset Intelliseek, dikunjungi lebih dari 10 ribu. Beberapa pengunjung blog menulis sindiran, “Dude, get Apple.” Dell pun makin terguncang karena media konvensional seperti Business Week pun ikut-ikutan meramaikan kasus itu.
Blogger Indonesia juga punya pengaruh dahsyat. Salah satu contohnya adalah blog Nila Tanzil (nilatanzil.blogspot.com). Tulisan di blog-nya yang mengisahkan perjalanannya menyulut kemarahan salah seorang menteri Malaysia.
Begitulah kekuatan blog. Para blogger Indonesia, Sabtu lalu, baru saja menggelar Pesta Blogger. Mereka adalah kekuatan baru. Andai saja pemilik blog Indonesia yang jumlahnya mencapai 130 ribu menyuarakan keluhan selantang Jarvis, dunia usaha akan terguncang oleh keluhan mereka. Apalagi para blogger Indonesia terkenal aktif menulis dan memberikan komentar. Majalah Business Week bahkan memasukkan Jakarta dalam “Blog Belt” karena dianggap memiliki lalu lintas posting dan komentar terbesar di antara 30 kota di dunia. Jadi bisa dibayangkan bila para blogger itu marah dan menjuluki produk atau perusahaan Anda “lemon”.

One response to “Kekuatan ‘Lemon’

  1. Boleh nggak saya bikin tulisan berjudul,
    “Red Buffalo is a Temperamental Person”
    untuk mendorong komentar dan opini,
    “Dude, vote the younger..”

    Tapi saya nggak bikin Mega Pantun loh.. hihi..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s