Jeruk Makan Jeruk

Matahari masih berselimut. Ditemani Bobby Caldwell yang mengalun dari Jazzku, aku menembus kegelapan pagi menuju Wisma Nusantara. Pagi ini aku harus nampang di studia TV One di gedung itu untuk acara Apa Kabar Pagi.

Pukul 05.20 aku sudah memacu mobilku. Hari masih gelap. Untung ada Om Bobby Caldwell, yang bakal manggung di Java Jazz Festival– walaupun lagu ini disebut Angga, penyiar Female, khusus untuk bapak-bapak. Tak apalah.

Walaupun aku makhluk pagi dan bukan nocturnal–aku biasa bangun pukul 04.00 sampai 04.15 atau setengah jam dari waktu subuh–aku masih menggerutu dalam hati. “Mestinya pagi begini lebih enak bergelung di bawah selimut sambil menunggu sarapan nasi pecel disiapkan,” kataku. Tapi, apa boleh buat. Ini tugas dari kantor.

Sampai di Wisma Nusantara, aku langsung dibedaki. Rasanya baru dua kali ini aku bedakan. Pertama, saat mau akad nikah dan kali ini. Seorang guru sukarelawan dari Cirebon, yang juga menjadi narasumber, juga jadi korban bedak.

Baru pertama kali nongol di depan kamera teve tak membuatku degdegdegan. “Halah, paling cuma 5 menit.” Lagipula aku sudah sering diwawancarai Radio BBC London–aneh ya wartawan kok diwawancarai, ibarat jeruk makan jeruk. Aku juga sudah membaca ulang semua yang akan kusampaikan, bahkan sejak di perjalanan. Setiap berhenti di lampu merah aku menoleh ke contekanku: Headline Koran Tempo.

Ya akhirnya tiba juga waktuku. Nyerocos 5-7 menit soal Golkar yang Ngotot Loloskan Bekas Narapidana menajdi calon anggota DPR. Begitu turun, beberapa sms dari kawan menyambutku. “Kereeen, pagi-pagi sudah nongol di teve.” Ada juga yang bilang “Ngomongnya lancar. Naik kelas.”

Ya, hari ini aku naik kelas, biasanya cuma diwawancarai Radio BBC, menolak tampil di Radio Ramako, dan kini nongol 5 menit di TV One. Segera aku ngebut ke kantor ditemani lagu suara serak Bono, vokalis U2. Mumpung three in one belum dimulai karena baru pukul 06.45.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s