Membunuh Rasa Bosan vs Penakluk Everest

Hari Jumat ini para pecinta gunung berduka. Penakluk Everest Edmund Hillary telah tiada. Dia mengembuskan napas di usia 86 setelah mimpi-mimpinya tercapai.

Teman Hillary, Jim Wilson mengatakan, “Kita semua memiliki mimpi, tetapi mimpi Ed adalah mimpi yang luar biasa dan dia mampu melakukannya.”

Di awal langkah 2008 ini saya teringat cerita seorang pendaki asal Singapura. Dia punya mimpi ingin dikenang orang seperti Hillary. Malang, dia lahir belakangan. Everest dan gunung-gunung pencakar langit di dunia sudah ditaklukkan orang. Yang dia lakukan akhirnya adalah menaklukkan tujuh gunung tertinggi di dunia, termasuk Everest.

Mimpi yang konyol? Tergantung dari cara mana orang memandangnya. Ia hanya ingin membuktikan sedikit “inovasi” dari temuan yang ada membuat orang bisa dikenal dunia. Dan ia sukses melakukannya.

Di balik keberhasilannya itu ada sekelumit pelajaran saat dia berlatih. Mulanya dia menempa diri dengan berlari 40 kilometer sehari menyusuri pasir putih pantai Singapura. Seminggu berjalan dia berkata. “Latihan ini terlalu enteng. Saya masih terhibur dengan pemandangan indah laut, perempuan cantik dan bikini (upps).”

Dia lalu memindahkan latihan dengan berlari di sebuah stadion yang sunyi. Pemandangan sepanjang berlari hanyalah tembok bisu. Ia jalani 40 kilometer itu dengan biasa. “Ini juga masih terlalu gampang. Musuh terbesar saat pendakian adalah rasa bosan.” Alasan dia, mendaki Everest bersalju, sendirian, dan pemandangannya cuma hamparan putih.

Dia pun lalu memindahkan latihannya dengan berlari 40 kilometer di atas threadmill menghadap tembok. Benar-benar membosankan bukan? Lucky Luck saja masih punya teman, yakni kudanya si Jolly, saat mengarungi padang pasir hampa.

Ia berhasil membunuh rasa bosan. Dan akhirnya berhasil menaklukkan tujuh gunung itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s